5 Jenis Tanaman yang Biasa Ditanam dengan Sistem Hidroponik

Sobat, kalian ingin bercocok tanam tapi tidak punya lahan yang luas? Atau kamu tinggal di perkotaan namun ingin punya kebun sendiri depan rumah? Jangan khawatir, Cobalah mulai untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

Kamu bisa menanam buah atau sayuran tanpa harus mempunyai lahan yang luas, hanya memanfaatkan pipa pvc sebagai media untuk menanam bibit tanaman yang kamu inginkan. 

Dengan begitu kamu bisa sedikit lebih hemat biaya lho karena sistem ini hanya memerlukan air untuk bisa tumbuh dan tidak memerlukan dalam jumlah banyak, meski memakai media tanam air. 

Ada berbagai macam sistem dalam hidroponik, namun untuk pemula seperti saya bisa menggunakan dua sistem berikut, yakni sistem wick dan sistem NFT (Nutrient Film Technique).

Untuk jenis tanaman yang bisa kita tanam dengan sistem hidroponik ada banyak, nah berikut ini akan kami sebutkan 5 diantaranya yang paling mudah.

Jenis Tanaman Hidroponik yang Paling Banyak Digunakan




1. Selada


Tanaman yang satu ini menjadi pilihan paling umum dan sering digunakan untuk bercocok tanam sistem hidroponik karena jenis ini bisa cepat tumbuh. 

Untuk merawatnya pun terbilang tidak begitu sulit. Selada bisa menjadi pilihan pemula yang baru memulai budidaya hidroponik. 

2. Brokoli 


Biasanya, brokoli ditanam di dataran tinggi, namun sekarang bisa ditanam di dataran rendah dengan teknik budidaya hidroponik. 

Jangan lupa untuk melakukan perawatan yang baik terhadap tanaman hidroponik dengan memberikan nutrisi yang tepat untuk brokoli. 

3. Bayam 


Sayuran ini bisa tumbuh dengan subur kalau ditanam dengan memanfaatkan media tanam berupa air. 

Tanaman ini tidak memerlukan cahaya yang banyak atau suhu yang panas untuk tumbuh dengan baik. 

4. Tomat 


Tanaman ini juga bisa dibudidayakan secara hidroponik meskipun memerlukan banyak air dan juga pencahayaan yang terang. 

Jika penerangan kurang cukup, kamu bisa memanfaatkan cahaya lampu untuk menerangi tanaman. 

5. Wortel 


Tanaman ini memiliki banyak akar yang menyebar dengan cepat dan bisa menyerap air dalam jumlah banyak. 

Walaupun tanaman ini bisa dibudidayakan secara hidroponik, namun tanaman ini menjadi pilihan bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman. 

Nah, itu dia 5 jenis tanaman yang biasa digunakan untuk bercocok tanam sistem hidroponik dengan media pipa air. Silahkan kamu pilih sendiri jenis tanaman mana yang cocok untuk ditanam depan rumahmu ya sobat. Semoga bermanfaat!
Aku imut Kata orang sih aku imut dan memang begitu adanya ^_^

1 Response to "5 Jenis Tanaman yang Biasa Ditanam dengan Sistem Hidroponik"

  1. The 온라인카지노 South Korean membership require a joint endeavour that must be completed with a nearby organization as it has been recommended by many for consolidating a playing membership resort for enchancment in the nation. It is on the grounds that based on them the nearby accomplice has total information on the host and their nation’s monetary and world of politics. Counting are the neighbourhood organization and history of working playing golf equipment that has been demonstrated. Other than that, the launch of a playing membership site in South Korea might help in settling the unfamiliar cash points to totally different nations. Several variables can come into play when it comes time to be paid. Among these are the location's pending time if any earlier than processing your cost; the processing time, and the withdrawal method.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel