Bagaimana Membangun Pondasi yang Kuat Pada Gedung Pencakar Langit?

Ketika melihat gedung tinggi, pernahkah  terpikir bagaimana sebuah gedung pencakar langit itu bisa berdiri kokoh? Jawabannya adalah pondasi yang dibangun dengan kuat. Pondasi menjadi bagian penting yang berperan untuk kekukuhan sebuah bangunan. 

Umumnya dalam pembangunan pondasi menggunakan beton terutama pada gedung pencakar langit yang memiliki beban berat. Semakin berat beban bangunan semakin banyak beton dibutuhkan untuk menahan beban. Beton sendiri ada banyak macam, salah satu yang cukup populer saat ini adalah beton ready mix.

Gedung Pencakar Langit
Gedung Pencakar Langit. Gambar oleh Tom dari Pixabay

Tentu fondasi yang kuat untuk menopang gedung berdiri tegak tidak dibuat asal-asalan. Membutuhkan waktu yang lama bukan hanya dalam pengerjaan fisik bangunan melainkan juga membuat detail konstruksi bangunan.

Apa itu Pondasi?

Fondasi atau disebut juga tiang pancang pada struktur bangunan tinggi berfungsi menahan seluruh beban bangunan. Tiang pancang berperan sebagai struktur yang berguna menerima dan mentransfer beban vertikal maupun horizontal. Beban vertikal berupa beban struktur bangunan di atasnya sedangkan beban horizontal berupa hempasan angin.  

Selain beton, beberapa bahan seperti kayu dan baja dapat digunakan sebagai bahan utama pondasi. Pada dasarnya pondasi tergantung pada tipe tanah di mana bangunan berdiri, material bangunan dan karakteristik penyebaran beban tiang pancang. Berikut 2 jenis pondasi berdasarkan struktur tanahnya:

Friction Pile

Pada struktur tanah yang keras jenis pondasi yang dapat digunakan adalah friction pile, yakni pondasi yang pemasangannya dengan dipukul atau dimasukkan ke dalam tanah. Dalam pemasangan pondasi jenis ini perlu digunakan mesin untuk bisa menancapkan ke dalam tanah yang keras bahkan berbatu.

Bore Pile

Pada struktur tanah yang kurang padat atau bahkan tanah yang berlumpur, pondasi bore pile menjadi pilihan. Pemasangan bore pile sendiri dilakukan dengan mengebor tanah hingga menemukan lapisan tanah padat atau keras. Kemudian dimasukkan kerangka besi untuk dicor sedikit demi sedikit hingga jadi tiang pancang yang kukuh. 

Dalam menentukan jenis pondasi tentu dibutuhkan pertimbangan ahlinya dalam hal ini arsitek sejak perencanaan bangunan. Terlebih untuk bangunan pencakar langit yang berisiko jika tidak memiliki perencanaan yang tepat.

Gedung tinggi di tengah kota
Gedung tinggi di tengah kota New York. Gambar dari Pexel/Vlad Alexandru Popa

Tentang Beton Ready Mix 

Pembangunan proyek gedung kini makin mudah dengan adanya beton instan atau dikenal dengan beton ready mix. Adonan beton diproduksi di pabrik dengan proporsi material yang ditangani ahlinya dengan pengawasan ketat untuk memastikan kualitas. Adonan beton yang sudah di batching plant ini lalu dibawa ke proyek dengan truk molen.

Beton ready mix berkualitas bisa didapatkan di SCG CBM Indonesia, penyedia jasa konstruksi yang handal, integratif dan variatif. Jayamix by SCG Beton Normal mutu K175 cocok untuk diaplikasikan sebagai pondasi bangunan, lantai dasar bangunan dan bagian lainnya.

Dengan standar kualitas yang ketat dan diawasi tenaga ahli berpengalaman, beton ready mix Jayamix terjamin kualitasnya. Memiliki kekuatan tekanan 175 kg/cm2 yang kuat untuk bangunan bertingkat. Tersedia dalam truk kecil maupun besar sesuai kebutuhan. Bahkan untuk bangunan dalam gang 3 meter bisa dijangkau dengan Jayamix atau truk mini.

Kolaborasi antara tenaga kerja yang terampil, perencanaan yang baik, bahan bangunan berkualitas berperan untuk keberhasilan sebuah bangunan. Bersama SCG CBM Indonesia proyek bangunan kecil dan besar jadi making mudah. Jadi jangan ragu menggunakan jasa perusahaan konstruksi satu ini dan ciptakan bangunan impian yang kukuh. Segera hubungi SCG CBM Indonesia terdekat di kotamu atau kunjungi website resminya di scgbm.id

0 Response to "Bagaimana Membangun Pondasi yang Kuat Pada Gedung Pencakar Langit?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel